Saturday 26 November 2016

Yamaha NMAX dan Spesifikasi September 2016

         Malem nihh kali ini saya akan membagikan sedikit ulasan tentang sekuter metik yang sedang ramai di bicarakan. sekuter metik ini merupakan salah satu motor metik dengan fitur dan spesifikasi yang sangat mewah. sekuter metik dari yamaha yaitu yamaha NMAX langsung di lihat ajah.
                                                   Yamaha NMAX
      Yamaha NMAX adalah model skuter matik yang dibuat oleh Yamaha Indonesia Motor Manufacturing, anak perusahaan Yamaha Motor Company di Indonesia. Wikipedia
Tipe mesin: Pendinginan cairan, 4 tak, SOHC
Tipe starter: Starter elektrik
Berat (kg): 127 (Berat isi)
Dimensi (mm): 1.955 x 740 x 1.115
Home » Review Motor » Harga Yamaha NMAX dan Spesifikasi September 2016
Harga Yamaha NMAX dan Spesifikasi September 2016

      Harga Yamaha NMAX  – Satu kata untuk mengambarkan motor matic yang satu ini, yaitu Premium. Yah, Yamaha NMAX memang dicipatakan sebagai sebuah motor premium, jadi wajar apabila harga motor Yamaha NMAX dijual lebih mahal dibandingkan motor matic pada umumnya. Bahkan untuk harganya sendiri dibanderol diatas 20 Juta Rupiah, pasalnya didalamnya sudah tersimpan mesin canggih dengan kapasitas 150 cc yang membuatnya menjadi salah satu motor matic paling bertenaga di Indonesia.
Desain Yamaha NMAX diadapatasi dari desain motor matic CBU Yamaha T-Max yang dibanderol ratusan juta rupiah. Walaupun berbeda mesin, namun tampilan luar motor ini terlihat hampir mirip dengan desain sport Yamaha T-Max, sehingga menjaidikannya terlihat lebih gagah sebagai sebuah sepeda motor matic. Berbeda dengan motor matic pada umumnya, Yamaha NMAX menawarkan mesih berteknologi balap yang memberikan peforma akselerasi yang semakin cepat dan mantap ketika sobat otomotif kendarai.
Teknologi mesin Blue Core menjadi jaminan Yamaha NMAX memiliki efesiensi bahan bakar lebih baik, karena memiliki proses pembakaran lebih sempurna, sehingga otomanatis meningkatkan efesiensi bahan bakar. Ketangguhan mesin motor ini memang tak usah sobat otomotif ragukan lagi, pasalnya pihak Yamaha telah mendesain Yamaha NMAX dengan beragam teknologi canggih yang menjamin motor ini bertenaga dan memiliki kenerja handal dengan efensieni bahan bakar lebih maksimal dalam pemakaian jangkap panjang.

Untuk urusan desain tak keamananan, Yamaha telah menyediakan 2 versi YamahaNMAX yakni versi ABS dan versi standard. Harga Yamaha NMAX vesi ABS pastinya akan lebih mahal, karena memiliki keamanan berkendara lebih baik ketika dipakai melakukan pengereman mendadak ketika kondisi jalanan sedang licin. Selain itu, Yamaha juga menawarkan double disk brake pada rem belakang yang menjamin cengkraman cakrma lebih kuat dan kokoh. Untuk melihat lebih jauh peforma dan harga Yamaha NMAX, mari kita simak artikel dibawah ini.
Spesifikasi dan Harga Yamaha NMAX
Add caption
Spesifikasi dan Harga Yamaha NMAX
Spesifikasi Yamaha NMAX
Mesin
  • Tipe Mesin :Liquid cooled 4 Stroke, SOHC
  • Jumlah/Posisi silinder : Single Silinder
  • Diameter x Langkah : 58,00 mm X 58,7 mm
  • Perbandingan Kompresi : 10,5:1
  • Daya : 11,1 kw/8000 rpm
  • Torsi :14,4 Nm/6000 rpm
  • Strarter : Electric
  • Sistem Pelumasan : Basah
  • Kapasitas oli mesin :1,00 L : Berkala=0,90 L
  • Sistem Pembakaran : (Fuel Injection System)
  • Tipe Kopling : Kering, Centrifugal automatic
  • Pengoperasian transmisi : V-Belt Automatic
Dimensi
  • PxLxT : 1.955 mm X 740 mm X 1.115 mm
  • Berat : 127 kg
  • Jarak Sumbu Roda : 1.2350 mm
  • Jarak terendah ke tanah : 135 mm
  • Tinggi tempat duduk : 765 mm
  • Kapasitas tangki : 4,8 liter
Rangka
  • Tipe Rangka : Underbone
  • Suspensi Depan : Teleskopik
  • Suspensi Belakang : Unti Swing
  • Ban Depan : 110/70 – 13M/C 48P
  • Ban Belakang : 130/70 – 13M/C 63P
  • Rem Depan : Single disc brake (ABS)
  • Rem Belakang : Single disc brake (ABS)
Kelistrikan
  • Sistem Pengapian : TCI (Transistor Control Ignition)
  • Battery : YT27V
  • Tipe Busi : NGK CPR8EA-9
Yamaha NMAX Suprime Gunmetal
Yamaha NMAX Suprime Gunmetal
Desain dan Dimensi
Sebanding dengan harga Yamaha NMAX yang dibanderol diatas 20 Juta Rupiah, motor ini menawarkan tampilan luar premium dengan lampu depan LED yang memberikan pencahayaan secara maksimum dan memiliki bentuk headlamp yang terlihat elegan dan dinamis. Selain itu, Yamaha juga memberikan speedometer digital yang tampil mewah dengan gaya sporty, dan siap menampilkan beragam informasi secara akurat dan informatif bagi pengguna Yamaha NMAX. Kemudian pada bagian belakang, sudah disediakan handlebar yang terbuat dari bahan alumunium, sehingga mempertegas desain elegan yang dimiliki N-Max.
Advertisement

Bentuk motor ini memang cukup besar dengan dimensi 1.995 x 740 x 1.115 mm, dan memiliki berat 127 kg. Walaupun dari luar terlihat sangat bongsor, akan tetapi motor ini mampu di ajak bermanuver dengan lincah, dan pastinya akan sangat nyaman ketika sobat otomotif kendarai. Kemudian untuk pilihan warnanya sendiri, Yamaha menyediakan 3 pilihan warna yang terdiri dari warna Supreme Gunmetal, Zenith Black, dan warna Climax Red yang terlihat begitu gagah saat kita pandang dari berbagai sisi. Sementara untuk kapasitas tangka bensinnya, mampu menampung bahan bakar pertamax maupun bensin sebanya 6.6 liter.
Yamaha NMAX Klimax RedYamaha NMAX Klimax Red
Yamaha NMAX Klimax Red
Performa Mesin
Seperti yang kami sampaikan diatas, Yamaha telah memasukan teknologi mesin balap pada motor ini. Terbukti dengan pemakaian mesin satu silinder yang memiliki kapasitas 150 cc, dan teknologi pendingin cair yang siap memaksimalkan kinerja mesin 4 stroke bertipe SOHC. Kemudian untuk sistem pembakarannya, Yamaha NMAX mengusung teknologi full injection yang disempurnakan oleh teknologi Blue Core agar peforma mesih semakin meningkat dan lebih efesien terhadap pemakaian bahan bakar. Tidak berhenti sampai disitu saja, motor ini juga dibekali transmisi bertipe V-Belt automatic, dan kopling bertipe kering dengan Centrifugal automatic.
Performa mesin yang dipakai Yamaha NMAX mampu menghasilkan tenanga maksimum beraya 8000 rpm, dan torsi maksimum sebesar 6000 rpm. Bisa dikatakan motor ini merupakan salah satu motor matic paling bertenaga saat ini. Bahkan peformanya mampu diadu denga Honda Vario 150 yang sama-sama dibekali mesin berkapasitas 150 cc. Berbekal dapur pacu lebih powerfull dan handal, pastinya sobat otomotif akan tertarik membelinya, terlebih didalamnya sudah ada teknologi Blue Core yang dipadukan mesin full injeksi, sehingga sobat tidak perlu mengeluarkan terlalu banyak uang untuk membeli bahan bakar sepeda motor ini.
Advertisement

Yamaha NMAX Premier White
Yamaha NMAX Premier White
Rangka dan Suspensi
Beralih kesektor rangka, motor ini mengadopsi rangka bertipe underbone dengan suspensi depan bertipe teleskopik dan suspensi belakangbertipe unit swing. Perpadua ini membuat Yamaha NMAX semakin nyaman dikendarai, walaupun pada kondisi jalan berlubang. Suspensi yang dibawanya akan memberikan keseimbangan secara penuh saat sobat otmotif bermanuver pada kecepatan tinggi maupun pada track lurus. Kemudian untuk mengimbang peforma mesin yang tangguh, Yamaha memberikan sistem pengereman bertipe ABS (Auto Brake System) yang menjamin keamanan berkendara saat sobat otomotif melakukan pengereman mendadak.
Untuk Yamaha NMAX versi ABS telah dilengkapi rem single disk brake (cakram) pada sisi ban depan dan belakang. Sementara untuk ukuran ban-nya adalah berukuran 110/70 pada sisi depan, dan 130/70 pada sisi depan yang tergololong idela mengingat bentuk motor ini sangat besar, sehingga sobat otomotif bisa berkendara lebih stabil, dan tak perlu khawatir ban akan mengalami kebocoran, karena sudah memakai ban bertipe Tubless. Mengingat ukurannya yang besar, kemungkinan motor ini juga memiliki bagasi cukup lebar, sehingga sobat bisa memasukan barang bawaan dibalik jok Yamaha NMAX.
Kelistrikan dan Fitur
Motor matic ini memakai sistem starter bertipe Electric dan mengusung sistem pengapian TCI layaknya motor matic kebanyakan. Namun yang membuat motor ini lebih special adalah memiliki teknologi speedometer canggih dengan panel indikator digital yang siap menampilkan beragam informasi mengenai kecepatan, sisa bensin dan jarak tempuh. Tidak hanya itu saja, motor ini juga menawarkan fitur unik Two Riding Positions yang memberikan sobat otomotif keluasaan ketika bermanuver dan meningkatkan kenyamanan berkendara dengan dua pilihan posisi kaki.  Selanjutnya yuk kita simak berapa sebenarnya harga Yamaha NMAX versi ABS dan Non-ABS.
Harga Yamaha NMAX
Harga Yamaha NMAX
Harga Yamaha NMAX
Yamaha NMAX ABS
  • Baru : Rp. 27.900.000
  • Bekas :
Yamaha NMAX Non-ABS
  • Baru : Rp. 23.500.000,-
  • Bekas :
Harga Yamaha NMAX Terbaru
Note :
  • Harga Yamaha NMAX  diatas merupakan OTR jakarta
  • Harga Yamaha NMAX  sewaktu waktu dapat berubah
  • Berbeda daerah, kemungkinan akan ada selisih harga
Selisih harga Yamaha NMAX ABS dan Non-ABS mencapai 4 Juta Rupiah. Itu artinya teknologi ABS memang sangat pengting bagi sebuah motor matic, sehingga membutnya versi ABS (Auto Brake System) memiliki harga jual lebih mahal. Pasalnya untuk membeli Yamaha NMAX ABS sobat otomotif harus relah mengeluarkan uang mencapai 27 Jutaan, dan 23 Jutaan untuk versi Non-ABS. Apabila disuruh memilih tentunya kita akan memiliki versi ABS, namun menurut kami selisih harganya terlampu jauh, sehingga versi Non-ABS tetap bisa menjadi pilihan terbaik, selama keduanya sama-sama memiliki desain premium dan mesih berperforma tinggi.
Baca Juga : Harga Yamaha Fino Fi
Melihat harga Yamaha NMAX yang dibanderol termurah sebesar 23 Jutaan, sudah pasti motor ini diciptakan untuk mengisi kelas motor matic premium. Motor ini bisa menjadi solusi bagi sobat otomotif yang sedang kebingungan memilih motor matic berkualitas di Indonesia. Walaupun dari segi harga tergolong sangat mahal, namun Yamaha NMAX menawarkan sensasi berkendara dengan tingkat kenyamanan terbaik dan performa mesih diatas rata-rata motor matic saat ini. Nah demikian kiranya informasi mengenai Spesifikasi dan Harga Yamaha NMAX semoga bermanfaat. “SALAM OTOMOTIF”
Kekurangan dan Kelebihan Skutik Yamaha NMax 150
Kekurangan dan Kelebihan Skutik Yamaha NMax 150 - Baru-baru ini Skutik Gambot Desain Eropa , Yamaha NMax 150 Akhirnya Mengaspal, dan yang menjadi pesaing dari sesamanya yaitu Honda PCX 150, seungguh menarik minat beli masyarakat karena modelnya yang mewah dengan desain sporty, harganya dibandrol 27,8 jutaan  versi ABS.

Dan kali ini kami akan coba berikan akan hadirkan kira-kira Skutik ini cocok atau tidak buat anda yang ingin tampil beda, oleh karenanya alasan apa saja yang akan memperkuat sesorang untuk membelinya, dan apa saja alasan yang membuat Skutik ini harus dipertimbangkan masak-masak sebelum benar-benar membelinya, berikut Kekurangan dan Kelebihan Skutik Yamaha NMax 150 :
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjz2Ut9pnHZHc6ihy6pHed-nzwIDpi2tTbudZBE2Jc_DWkJ8fNB2Cs379XID3JruPytwDY5TSpYRMwBJTE3dGjcoD5cNWB69irwO-4JOcuuDUKuf1deAZtG-E6paq1c_B6nzyhEBCzmm1M/s1600/Kekurangan+dan+Kelebihan+Skutik+Yamaha+NMax+150.png
Kelebihannya :
1. Design Premium Khas Eropa.
Mulai th. 2000an, jenis skutik indonesia ya begitu2 saja, kelas bawah, dengan dek tempat kaki rata, spedometer, bodi dllnya mengusung rencana garis design yag sama. sesaat yamaha nmax 150 ini mengusung design skutik eropa, di eropa memanglah rata2 jenis skutiknya ya begini, deknya serupa ayago, dotengah2, plus design headlime yang melengkung menawan dinamis. Vario 150 saja yang baru meluncur tidak berani kasih design premium begini, lantaran takut ganggu eksistensi kakanya sang pcx 150 yang berdesain premium. tetapi apa ingin dikata, yamaha nmax nyatanya menghajar telak pcx 150 dengan beragam keunggulan.

2. Harganya Murah
dengan harga 27 jutaan, terang ini sangatlah bernilai. Bila pada awal mulanya pcx 150 seharga 39 jutaan yang notabene sekelas dengan yamaha nmax 150 saja orang pada berbondong2 beli, lalu bagaimanakah dengan nmax? sepertinya sih bukanlah berbondong2 lagi namun bertubi-tubi.

3. Kaki-kaki lebih Tangguh
Kaki kaki yamaha Nmax ini memanglah khas banget skutik premium, besar padat serta ring 13. tidak sama dengan kompetitornya yang masih tetap memakai kaki kaki kurus cungkring serta ring 14. Apa lagi bila di banding skutik market seperti mio serta beat. Levelnya jauh banget. Pasti ini bakal punya pengaruh pada kenyamanan serta stabilitas berkendara.

4. Mesinnya lebih Hemat
Tujuannya yaitu, seperti rutinitas yamaha, yang melebihkan sedikit kemampuan mesin dari pesain. Tak tahu bila dimaksud yamaha penakut dalam soal head to head. Namun begitulah kenyataannya, di kelas, tiger umpamanya yang berkapasitas 200 cc. Yamaha kasih lawan scorpio 223 cc. Juga demikian dengan Nmax ini yang bercc 155 cc. sesaat kompetitornya honda pcx hanya mempunyai cc 152. Pasti power yang disemburkan juga semakin besar nmax daripada pcx.

5. Kelebihan teknis
  • New water-cooled engine di kembangkan berdasar pada Blue Core concept, dengan VVA (Variable Valve Actuation)
  • Gabungan bobot enteng (Lightweight) serta sasis yang rigid (High-rigidity Frame) bikin handling makin agresif serta sporty.
  • Velg 13 inch serta ban yang dipakai di desain spesial untuk skutik ini untuk memberi ingindalian yang alami
  • System pengereman ABS untuk mensupport performa sporty. Feature ini jadikan NMAX juga sebagai skutik pertama yang memakai rem ABS di kelasnya di lokasi ASEAN.
  • Style yang unik mewarisi design Max series seperti keluarga XMAX serta TMAX.
Sedangkan Untuk Kekurangannya Adalah :
1.Desainnya Agak
Agak sangar memang, kepala besar dengan body seperti itu, tampil beda sih iya, tapi kalau dijalanan pasti kamu akan dilihatin sama orang-orang, nyatanya memang terasa agak jarang skutik dengan model seperti itu.


2.Sulitnya Spare Part
Yah, motor apapun kalau sedang butuh spare part , maka yang dicari adalah kemudahannya, akan tetapi untuk skutik yang satu ini masih belum tersalur di bengkel-bengkel, jadi kalau terjadi kecelakaan atau lecet, kemungkinan akan sulit mendapatkan spare partnya.

3. Kurang Laki
Tapi bukan cucok ya hehe, mungkin agak aneh mendengar keluhan yang satu ini, tapi coba kita visualisasikan, jika pemakainya cewek kalem, mungkin akan terasa wajar, tapi kalau yang makai cowok sementara modelnya seperti itu, ditambah kecepatan yang cuma 100km/jam saja, apa gak kurang laki cob !

Namun itu semua terserah kamu saja yang mau beli, biar lebih matang pertimbangannya berikut :

Spesifikasi Skutik Yamaha NMax 150
DIMENSI
    PxLxT : 1955 mm x 740 mm x 1115 mm
    Jarak sumbu roda : 1350 mm
    Jarak terendah ke tanah ( Ground Clearance) : 135 mm
    TinggI Tempat duduk : 765 mm
    Berat : 127 kg
    Kapasitas Tangki Bensin :
MESIN
    Tipe Mesin : Liquid Cooled 4 Stroke, SOHC
    Jumlah / Posisi SIlinder : Single Cylinder
    Diameter x Langkah : 58,0 x 58,7
    Perbandingan Kompresi : 10,5 : 1
    Daya Maksimum : 11,1 KW/ 8000 RPM
    Torsi Maksimum : 14,4 Nm/ 6000 RPM
    Sistem Starter : electric Starter
    Sistem Pelumasan : Basah
    Kapasitas Oli mesin : Total 1,00 L, Berkala 0,9 L
    Sistem Bahan Bakar : Fuel Injection
    Tipe Kopling : Kering, Centrifugal, Automatic
    Tipe Transmisi : V-Belt Automatic
RANGKA
    Tipe Rangka : Underbone
    Suspensi Depan : Telskopik
    Suspensi Belakang : Unit Swing Arm
    Ban Depan : 110/70/13 M/C 48P
    Ban Belakang : 130/70/13 M/C 63P
    Rem Depan Single Disc Brake ( ABS)
    Rem Belakang : Single Disc Brake (ABS)
KELISTRIKAN
    Sistem Pengapian : TCI
    Battery :
    Tie Busi : NGK
Kupas tuntas Yamaha Nmax, Mesin, Harga, Masalah, Tips, Komparasi, Simulasi Kredit dan semua soal Yamaha Nmax.
Hello om bro, setelah hampir setengah tahun merancah aspal Indonesia, Yamaha NMax sepertinya masih menjadi primadona untuk semua kalangan pecinta motor matic. Group Facebook juga ramai terus, belum lagi chapter-chapter baru club Nmax ini seperti belum layu dan terus berkembang. Hampir setiap kota atau kabupaten bahkan kecamatan mempunyai club motor gambot keluaran Yamaha ini.

IndoBlazer sendiri sih naksir abis dengan desain premiumnya, walaupun dulu pernah naksir dengan Honda PCX, tapi karena mahal dan indent lama akhirnya Yamaha NMax menjadi taksian (walau sampe detik ini belum nongkrong di rumah).
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEiikcdV1Epyca5a8n-GkpBL_w2J5iJAPB8Tj8bZi9Y7B2TxhAdr4dVvWl5TvVHs3PMgP4LSRtPllWNOr7arRJp-QF9eGV-xy20dhdOY5TGtcU7pSBcTUTEjzD4ScQKbscyt67qBAnY-1bw/s1600/nmax.jpg

mari kita ulas habis mengenai Yamaha NMax sampe akar dan permasalahannya.
Kita mulai dari basicnya Yamaha Nmax. Yamaha NMAX merupakan motor skutik terbaru Yamaha yang hadir dengan mengusung teknologi VVA (Variable Valves Actuation) yang pertama kali diterapkan pada motor di dunia, dan motor matik pertama di pasar motor  ASEAN yang dilengkapi dengan sistem ABS (Anti-lock Brake System) yang diadopsi dari moge Yamaha.

All New Yamaha NMAX

Selain itu, All New Yamaha NMAX juga dibekali dengan fitur-fitur berkelas seperti rear disc brake, 4 valve, dan fuel digital speedometer yang dapat menunjukkan instant fuel consumption (real time) dan average fuel consumption (rata-rata). Dan hanya ada dua motor Yamaha Indonesia yang memiliki speedometer seperti itu yaitu di Yamaha R25 dan Yamaha NMAX. Speedometer NMAX juga dilengkapi MID (Multi Information Display) dengan fitur terbarunya Oil Trip Meter yang berfungsi menunjukkan jarak yang telah dicapai saat indikator bahan bakar di sebelah kanan speedometer telah berkedip dan V-Belt Trip yang berfungsi menginformasikan jarak pemakaian V-Belt CVT. Berikut fitur – fitur unggulan Yamaha NMAX

Cmiww kan tuh speknya, sport matic abis dan kita lanjutkan mengenai arti dari MAX itu sendiri :

MAX Series Desain : Desain Maxi style terinspirasi dari TMAX. Dilengkapi lampu LED, seat handle alumunium & fuel digital speedometer
MAX Performance : Inovasi terkini Yamaha, High Tech Blue Core Engine, VVA (Variable Valves Actuation), 4 valve, Radiator, CVT, Diasil Cylinder & Forged Piston.
MAXimum Control : Kombinasi Maxi Style (Big Body Size) dan Compact Scooter (akses mudah, ban lebar & posisi berkendara yang nyaman)
MAXimum Safety : Keamanan maksimum dari teknologi ABS (matic pertama di Indonesia yang menggunakan ABS) dan Disk Brake.
MAX Value : The Ultimate Sports Matic yang layak untuk dimiliki dengan harga yang sama dengan motor sport yang memiliki high teknologi dan fitur lengkap.

Yamaha NMAX dibekali dengan mesin berkapasitas 155 cc fuel injection, single cylinder, 4 Langkah, SOHC, berpendingin cairan yang mampu memuntahkan tenaga mencapai 11.1 kW pada 8000 rpm dengan torsi 14.4 Nm/6000 rpm.

Nah karena basicnya sudah kita bahas, mendingan kita lanjut kepada spek secara data

MESIN

    Tipe Mesin: 4 Langkah, SOHC, berpendingin cairan
    Kapasitas mesin: 155cc
    Jumlah/Posisi silinder: Single cylinder
    Diameter x langkah: 58 x 58.7 mm
    Perbandingan kompresi: 10.5 : 1
    Daya maksimum: 11.1 kW/8000 rpm
    Tenaga maksimum: 14.4 Nm/6000 rpm
    Sistem bahan bakar:  FI (Fuel Injection)
    Sistem starter: Starter elektrik
    Sistem pelumasan: Basah
    Kapasitas oli mesin: Total – 1,00 L ; Berkala 0,90 L
    Tipe kopling: Kering, Centrifugal Automatic
    Tipe transmisi: V-Belt Automatic

DIMENSI

    P x L x T: 1.955mm x 740mm x 1.115mm
    Jarak sumbu roda: 1.350mm
    Jarak terendah ke tanah: 135mm
    Tinggi tempat duduk: 765mm
    Berat isi: 127 kg
    Kapasitas tangki bensin: 6.6 liter

RANGKA

    Tipe Rangka: Underbone
    Suspensi depan: Teleskopik
    Suspensi belakang: Unit swing
    Ban depan: 110/70 – 13 M/C 48P
    Ban belakang: 130/70 – 13 M/C 63P
    Rem depan: Single disc brake (ABS)
    Rem belakang: Single disc brake (ABS)

KELISTRIKAN

    Sistem pengapian: TCI
    Battery: YT27V
    Tipe busi: NGK/CPR8EA-9

Harga All New Yamaha NMAX (ABS)

    Harga baru: Rp 27.400.000,-

Harga tersebut berlaku OTR Jakarta dan sekitarnya serta dapat berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan terlebih dahulu.

Lalu Pilihan Warna yang ada pada All New Yamaha NMAX

    Climax Red
    Premier White
    Supreme Gunmetal
    Zenith Black
Sumber : Motorblitz.com

Setelah komparasi sekarang kita akan mencoba berbagi tips mengenai
cara mengganti oli mesin Nmax sendiri dirumah, agar lebih hemat daripada harus ke bengkel.
Berikut langkah – langkah mengganti oli mesin :

1. Siapkan oli mesin baru yang akan digunakan, semakin tinggi spesifikasi oli yang digunakan tentunya semakin baik untuk mesin. Untuk sepeda motor matic yang menggunakan kopling kering/terpisah semakin banyak pilihan oli yang bisa digunakan, karena tidak terbatasi oleh diharuskannya menggunakan oli yang mengandung additif anti slip kopling.

2. Siapkan tools berupa kunci pas ukuran 12 dan 19, tang jepit, corong, wadah untuk oli bekas

3. Buka tutup oli atas / deep stick dengan menggunakan tang jepit, putar counter clock wise.

4. Kemudian buka baut pembuangan oli / drainer dengan memutar counter clock wise, pada mesin NMax dan kebanyakan sepeda motor modern lainnya, terdapat 2 (dua) baut pembuangan oli, yaitu baut pembuangan oli yang ada di samping (dibawah cvt) dan baut pembuangan oli yang ada dibawah bak mesin (lihat gambar). Perbedaan kedua baut tersebut adalah baut pembuangan samping hanya berfungsi untuk membuang oli mesin, lebih tepat digunakan untuk penggantian oli dengan merk dan jenis yang sama. Baut pembuangan bawah terdapat saringan oli yang berupa kawat kasa / strainer, lebih tepat digunakan untuk mengganti oli yang berbeda merk dan jenis (flushing). Saringan oli NMax bertipe kawat/strainer cukup dibersihkan, tidak perlu diganti apabila tidak rusak. Tidak seperti saringan oli bertipe kertas.

5. Kali ini saya menggunakan cara pembuangan baut samping menggunakan kunci pas ukuran 12, bisa juga menggunakan kunci T. Untuk baut pembuangan bawah menggunakan kunci pas ukuran 19. Tampung oli bekas dengan menggunakan wadah, dan buang di jerigen oli bekas yang biasanya ada di bengkel.

6. Setelah seluruh oli yang ada di dalam bak mesin keluar, yakinkan dengan memiringkan posisi NMax agar oli yang terjebak keluar. Tiriskan beberapa menit. (tidak direkomendasikan teknik membersihkan bak oli mesin dengan menggunakan angin bertekanan tinggi)

7. Tutup kembali baut pembuangan oli, kencangkan bautnya secukupnya, jangan sekuat tenaga (bisa juga menggunakan metode penanda garis pada baut). Berdasarkan pengalaman di sepeda motor lain, bahan baut pembuangan lumayan rapuh, mengencangkan dengan torsi berlebihan bisa membuat baut slek atau bahkan pecah.
INGAT! Kencangkan baut pembuangan secukupnya, jangan sekuat tenaga.

8. Tuang oli baru melalui lubang tutup oli atas menggunakan corong , kemudian tutup kembali baut / deep stick dengan menggunakan tang jepit putar searah clock wise.

Sumber :
https://nmaxriders.wordpress.com/2015/08/25/tutorial-melakukan-penggantian-oli-mesin-yamaha-n-max-di-rumah-do-it-yourself/

karena saingan si gambot yang mempunyai cc 155 itu adalah Honda Vario, mari kita komparasi dari sisi suara mesinnya.
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEj9C5fWDfYPYmo4KKuWu2FAyyRMifXzMk8cNcHo2Xxrh2ImlWpjMBh-jnVq-zXQ80yxdQc3MljkXDdoQ1rs1wVJVklvvvGwKeGRLCYghN55kHgzHQBbMb57JYdyMwSTi4k6vU4xz3XCv7U/s320/idle-nmax-n-vario150-engine-spectrum.jpg

Sepertinya baik pada nmax maupun vario, suara pada frekuensi rendah yang paling dominan (maklum masih idle). Dan pada frekuensi rendah tersebut suara nmax150 sedikit lebih keras dibandingkan vario150. Sedangkan pada frekuensi tinggi suara vario150 sedikit lebih nyaring. Kalau secara musik engine vario150 suaranya lebil treble, tapi karena amplitudonya sangat kecil kurang terdengar, karena tertutup oleh suara frekuensi rendah.
Nmax idle engine sound

vario 150 idle engine sound

Sumber :
http://motogokil.com/2015/09/26/komparasi-suara-mesin-nmax-dan-vario150/

Lalu bagaimana jika kita komparasi dari sisi desain, mesin, performa, kaki-kaki, dimensi dan harga antara sama-sama skuter premium Honda PCX dengan Yamaha Nmax. Sama-sama premium class dan sama-sama 150cc (NMax lebih 5cc)
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhgrJSbNi1CCNofEkaXBgcEic8rV-as-FXdtQq7qgSZX19S6xMVtqAEdkciJXZZBXgjQkwBYCz2csAxq3CnIGcQzDL-yO3rCazA1GnBCqPTm9ZWxX-3ffA8NaX15mSfHrmmTz_T4GtT39s/s320/desain+nmax+vs+pcx.jpg
Desain

Ini memang persoalan selera, Honda PCX 150 menawarkan desain yang modern dengan tampilan elegan. Kesan mewah terpancar dari bentuk bodi, model headlamp hingga pilihan warna yang diberikan. Motor ini cocok untuk Anda yang berjiwa perfeksionis yang ingin tampil eksklusif.
 
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEiB5f4peMQJxQdSC75xdiYd_ZXxgGJsGemylxZ6k9DULAsLvIsoVKrB4Gj9E20F4I6ZZgDGmoGVB7ktIU1KD46qijyNfYLSj-ddzc-5GqrI-RVBEccvGjN3Jk2ZVPwdJCXyR4vv9cgqGZk/s320/pcx-vs-nmax-body.jpg

Maka lain lagi dengan Yamaha Nmax 150 yang menurut kami lebih kuat aura sporty-nya. Lihat saja leuk-lekuk bodinya terdapat sudut-sudut yang menguatkan kesan tersebut. Begitu juga dengan tampilan wajahnya dengan headlamp yang berkesan sporty.

Mesin

Mengenai jantung mekanis, mesin Honda PCX 150 dibekali teknologi unggulan khas skutik Honda. Mulai dari mesin berteknologi eSP (enchanced smart power), ACG starter, Idling stop system yang dilengkapi dengan pendingin cairan.
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhAUPtDUMKFnw2kUuu1XQ_WLg30NfkghEG7fqpnOqtgw_sCfKfYMbuaaaxQIOiBMtiNR5IN3OrFb616rA3PoqaUkHL03ziZufPRI8argVhu1vTpe2bfjl4JPfXHUIqB9kMQdwD6Akh5qMk/s320/pcx-vs-nmax-cvt.jpg

Sedangkan Yamaha Nmax mengusung teknologi mesin Blue Core, yang dilengkapi dengan VVA (variable valve actuation), yang mengatur kinerja empat klep-nya. Yamaha juga menggunakan pendingin cairan untuk menjaga performa mesin lebih baik.

Meski keduanya sama-sama bersilinder tunggal, nyatanya Yamaha Nmax lebih unggul dalam hal performa. Yamaha Nmax 150 mampu hasilkan 14,7 daya kuda pada putaran 8.000 rpm, dengan torsi puncak 14,4 Nm diputaran 6.00 rpm. Sedangkan PCX 150 hanya bisa mencatat 12,9 daya kuda pada putaran 8.500 rpm, dengan torsi 13,1 Nm pada 5.500 rpm.

Tapi Honda PCX 150 boleh berbangga dengan konsumsi bahan bakarnya, skutik ini mampu mencatatkan angka 42 kilometer per liter. Sedangkan Yamaha Nmax 150 dikisaran 34 kilometer per liter. Konsekuensi dari mesin yang lebih responsif harus dibayar pengguna Yamaha Nmax 150.

Kaki-Kaki

Skutik jagoan Honda dibekali dengan pelek berdiameter 14 inci, dengan ukuran ban 90/90-14 dan 100/90-14. Untuk menjinakkan laju skutik, Honda membekalinya dengan rem cakram depan dan tromol pada belakang.
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEh0e_0eQdaJL-X0SOTWIoX8EiqM4rl0Jbx_APgWW8kKXAD_2EO2nehYOFzErvswQVjrXKAsetAE4QF1OKpfCQ9vJE-fFebCyCO6izp3qmsM9nxz6tUjv3dWageRKkVlVHKr8ypVDtpP_po/s320/pcx-vs-nmax-ban.jpg

Sementara Yamaha Nmax 150 menggunakan lingkar pelek 13 inci, yang bai sebagian orang akan menyulitkan untuk mencari merek ban selain ban genuine. Tapi dengan ukuran ban 110/70-13 dan 130/70-13, membuat roda Nmax nampak lebih besar.

Soal pengereman, PCX 150 dilengkapi cakram tunggal di depan dan tromol di belakang, dengan tambahan teknologi combi brake system. Sedangkan Nmax 150 mengusung rem cakram dikedua roda, dengan tambahan fitur Anti-lock Braking System (ABS).

Dimensi

Membandingkan keduanya, sama-sama berdimensi besar. Honda PCX 150 berukuran 1.970 mm x 738 mm x 1.094 mm. Tapi Yamaha Nmax 150 ternyata lebih besar sedikit dari pesaingnya itu meski kalah panjang, ukurannya 1.955 mm (P) x 740 mm (L) x 1.115 mm (T).

Fitur

Honda PCX 150 melengkapi kemewahannya dengan fitur andalan seperti idling stop system, combi brake system, side stand switch, rem tangan hingga LED headlamp, hingga spidometer unik dengan jarum penunjuk kecepatan berada disisi luar. Sayangnya, fitur parking brake lock tak disematkan di skutik premium ini. Padahal Vario sudah mengaplikasi ini sejak lama.
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgcAgwumu6tpEDYw-5AguLIwUjjxe0mgEvhW0JJbF2kcB5-wOG6-uC609ZjEmrRMWYNqZY_1oQm5BCbvCRxikkpz25VRBqWy961Sxa0Blrd-C2s2hgQvt9vePspyz1fkPlu8JtJx0o1i0I/s320/pcx-vs-nmax-spido.jpg

Sementara Yamaha Nmax 150 menawarkan mesin dengan fitur VVA yang bertugas mengatur buka-tutup klep sesuai putaran mesin. Pengereman dengan ABS lebih aman mencegah ban mengunci. Pengaman standar samping dan LED headlamp. Sama halnya dengan PCX, Nmax juga tak disematkan fitur parking brake lock.

Harga

Dengan segala kelebihannya, PT Astra Honda Motor melabeli Honda PCX 150 dengan angka Rp39,8 juta. Sedangkan Yamaha Nmax 150 sebagai produk global dari PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing, dipasangkan harga Rp27,9 juta (ABS) dan Rp23,5 juta (non ABS).

Spesifikasi Honda PCX 150
 
Tipe Mesin: Silinder tunggal, SOHC, 4-tak
Diameter x langkah: 58,00 mm X 57,9 mm
Perbandingan kompresi: 10,6:1
Tenaga Maksimum: 12,9 Hp/8.500 rpm
Torsi Maksimum: 13,1 Nm/5.500 rpm
Sistem Starter: Elektrik Starter
Tipe Transmisi: Automatic, V-Matic
Sistem pengapian: TCI
Tipe Busi: NGK CPR7EA-9
Dimensi (PxLxT): 1.917 mm X 738 mm X 1.094 mm
Jarak sumbu roda: 1.315 mm
Jarak terendah ke tanah: 140 mm
Berat Kosong: 129 kg
Kapasitas tangki BBM: 5,9 liter
Tipe rangka: Underbone
Suspensi depan: Teleskopik
Suspensi belakang: Unit Swing
Ukuran Ban depan: 90/90 – 14M/C 46P
Ukuran Ban belakang: 100/90 – 14M/C 57P
Rem Depan: Single disc brake
Rem belakang: Tromol

Spesifikasi Yamaha Nmax 150

Tipe Mesin: Silinder tunggal, SOHC, 4-tak
Diameter x langkah: 58,00 mm X 58,7 mm
Perbandingan kompresi: 10,5:1
Tenaga Maksimum: 14,7 Hp/8.000 rpm
Torsi Maksimum: 14,4 Nm/6.000 rpm
Sistem Starter: Elektrik Starter
Tipe Transmisi: V-Belt Automatic
Sistem pengapian: TCI
Tipe Busi: NGK/CPR8EA-9
Dimensi (PxLxT): 1.955 mm X 740 mm X 1.115 mm
Jarak sumbu roda: 1.350 mm
Jarak terendah ke tanah: 135 mm
Berat Isi: 127 kg
Kapasitas tangki BBM: 6,6 liter
Tipe rangka: Underbone
Suspensi depan: Teleskopik
Suspensi belakang: Unit Swing
Ukuran Ban depan: 110/70 – 13M/C 48P
Ukuran Ban belakang: 130/70 – 13M/C 63P
Rem Depan: Single disc brake
Rem belakang: Single disc brake    UDA
Sumber :
http://otomotif.metrotvnews.com/read/2015/06/26/407872/komparasi-honda-pcx-150-vs-yamaha-nmax-150-pilih-elegan-atau-sporty

Waw makin panjang nih postingan dar berbagai sumber, sekarang kita masuk ke dalam ilmu soal Nmax, dan yang akan kita bahas adalah mengenai sistem pendinginan pada Yamaha Nmax.

Sistem pendingin pada Yamaha Nmax.
 
Yamaha NMAX 150cc Blue Core ada pada sisi radiatornya berbeda dengan sistem radiator motor – motor matic Yamaha sebelumnya misalnya seperti yamaha GT 125, radiator Yamaha NMAX 150cc Blue Core terdapat sebuah alat sensor suhu yang disebut Thermostat. Thermostat ini berbentuk sebuah tabung seperti yang terlihat di gambar atas, lalu bagaimana sistem pendingin cair dengan Thermostat ini?

nmax radiator system cool
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgU4LGN6PY3lY05dXQeWHzAKPyajHCIwl-KnKslxL3QQL0RJnSUT3jSHFlVSmj4SCwzG_YqZ05mv4ZmOqRhZqLarMeLPJMaACiq5UKIjlxyxcFufVjO81P0VA5JtKF1R726_e2l49ojkPE/s320/nmax-radiator-system-cooler.jpg

Pertama – tama ketika mesin Yamaha NMAX dihidupkan air yang ada di dalam mesin dipompa dan keluar menuju Thermostat dan thermostat akan mengukur berapa suhu air yang diterimanya. Jika suhu air masih dingin maka Thermostat akan mengalirkan air langsung (bypass) menuju mesin kembali, mungkin alirannya bisa diilustrasikan seperti ini :

nmax-radiator-bypass
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhSOL9TF3A5ZcTNQ7gokXUVNR29D47FsoSHX6a8gOKgToP0FW5jBhaS_y52GlMN9x_5siNwM15dK_TK8A-84HBz_DzB7hNkttWWtQp5WdoGX1b6IolJwMqgavyy2y12W5JxK3oU4EGT-mU/s1600/nmax-radiator-bypass.gif

Aliran arus air dari mesin ke Thermostat lalu berputar menuju mesin kembali ini berlangsung jika suhu kurang dari 73 derajat Celsius. hal ini bertujuan agar memperpendek waktu pemanasan mesin sehingga konsumsi bahan bakar bisa lebih irit.

nmax radiator system hot
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEg4hcroDi33ONYRvn2vSJ74BPDCjOAZTU2LbRsed22POcv8AaZCdLpR6BZmIy24oWtOgG7kpMYUKUVYYfCxt6MJDyQuY0vwtnNFmavNIKOQgaSyvQtMmeORXWVCzLkrjEJj6rRhD3hN2hs/s320/nmax-radiator-system-hot.jpg

Namun setelah suhu lebih dari 73 derajat Celsius katup di Thermostat akan terbuka dan mengalirkan air menuju radiator. Katup di Thermostat akan terbuka sedikit demi sedikit hingga terbuka lebar di suhu 90 derajat Celcius.

nmax-radiator-through-fan-cooler

https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEiZQCKrjMLbf2yA2GQsx-refuJcT_lI5gpy_sNBqlGYhyphenhyphenKf03x3AnJjRbhCuOYHQ3He-T4ELZ3gh2SLtuAPoNObR-z85Th5MJmi6KIXmCiJbtC5ZGoS-FM2yB19UV0JNNoaY-FOFguOyOA/s1600/nmax-radiator-through-fan-c.gif

Air yang ada di radiator akan didinginkan oleh kipas yang berputar seirama dengan putaran mesin dan setelah air didinginkan oleh kipas, air dialirkan kembali menuju mesin.
http://motorblitz.com/2015/02/17/intip-cara-kerja-radiator-di-yamaha-nmax-150cc-blue-core/

Setelah panjang lebar kita bahas Nmax tapi kok kelebihan dan kekurangannya belum dibahas sih? Yuk kita lihat dulu apasih Kelebihan dan kekurangan dari Yamaha Nmax ini.
 
Kelebihan Yamaha Nmax.
 
1. Design Premium Khas Eropa.
Dari dulu desain skuter Indonesia selalu sama bentuknya, dan ketika hadir PCX dengan desain premium banyak yang tertarik membeli walau dengan harga mahal, dan ketika datang Nmax orang pun bukan hanya tertarik tapi juga membelinya.
2. Harganya Murah
Dibandingkan dengan honda PCX tentu Nmax lebih murah 10 juta.
3. Kaki-kaki lebih Tangguh
Ban berprofil lebar tentu menjadi poin plus, lebih stabil dan tangguh.
4. Mesinnya lebih Hemat
Menggunakan mesin bluecore membuat mesin lebih irit dibandingkan rivalnya.
5. Kelebihan teknis
New water-cooled engine di kembangkan berdasar pada Blue Core concept, dengan VVA (Variable Valve Actuation), System pengereman ABS untuk mensupport performa sporty. Feature ini jadikan NMAX juga sebagai skutik pertama yang memakai rem ABS di kelasnya di lokasi ASEAN.
Sumber : http://www.motorjuragan.com/2015/02/kekurangan-dan-kelebihan-skutik-yamaha.html

Kekurangan Yamaha Nmax

1. Suara kasar dan sedikit ngorok masih dijumpai pada mesin Yamaha Nmax yang sudah menggunakan teknologi BlueCore dan Variable Valve Actuation (VVA)Suara akan semakin terdengan ketika dari keadaan berhenti langsung membetot gas agak dalam…
2. Meskipun sistem pengereman Yamaha Nmax sudah dibekali dengan ABS (Anti-lock Braking System) namun ada sekidit yang kurang… Ternyata Yamaha Nmax tidak dibekali dengan fitur parking brake lock… Fitur yang berfungsi untuk mengunci handle rem, fitur ini sangat berguna ketika harus berhenti pada tanah yang mempunyai kemiringan… Padahal matic low end Yamaha lainnya sudah dibekali fitur ini.
3. Suspensi Yamaha Nmax terbukti cukup keras saat dipakai melibas polisi tidur

4. Nmax menggunakan ban berprofil lebar namun diameter ban adalah 13″…  Penggunaan roda berdiameter 13″ ini tentu masih belum banyak pilihan ban yang bisa dipakai untuk saat ini…

5. Bagian material plastiknya yang digunakan sebagai cover stang kemudi cukup tipis. Saat ditekan perlahan pada cover bagian depan, terlihat sekali perbedaan dengan material plastik pada bagian body yang lain. Plastik cover/dashboard tersebut terlihat tipis, setelah ditekan ternyata memang bener tipis, bukan sekedar kelihatannya.

Sumber :
http://ardiantoyugo.com/2015/04/23/bagian-yang-gak-asik-dari-yamaha-nmax-155/

Makin lama dibaca kok makin pengen nih motor. Ayo kita cek juga simulasi kredit Yamaha Nmax.

Yamaha N-MAX ABS    
Tenor        11 Bulan     22 Bulan     33 Bulan
Harga OTR     Rp27.900.000     Rp27.900.000     Rp27.900.000
Uang Muka     Rp5.859.000     Rp5.859.000     Rp5.859.000
Angsuran     Rp2.303.000     Rp1.294.000     Rp964.000
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgYQ8MYfkoDOgZEzS9X5uNxCnuH8p2zK4rhlHzo0yCEi_qUtdIRpi8cra0GHVscHwATR4_1cIGsvS_n4uM6A6l-fMPUPmPYPYidPyI5EX-uDWRftpZRJWzXwApdvMjhF1FT52RjOPFrtWQ/s320/brosur+cicilan+nmax.jpg
Naksir Yamaha NMax Atau Honda PCX? Baca Dulu Nih 6 Perbedaan Keduanya Sebelum Ambil Keputusan!
image
Yamaha NMax dibanderol 27,4 Juta Rupiah
Rideralam – Kehadiran Yamaha NMax mau tidak mau pasti akan dibandingkan dengan skutik sejenis yang lebih dulu hadir yakni Honda PCX 150. Tidak salah dan sangat wajar lha wong keduanya memang secara tampang dan dimensi benar-benar head to head. Nah, sebelum brosis menjatuhkan pilihan ke salah satunya (kalau mau beli dua-duanya abaikan saja artikel ini) tidak ada salahnya kita simak apa saja perbedaan keduanya berikut ini.
Paling kentara perbedaan keduanya jelas adalah soal brand harga. Yamaha NMax 27,4 juta Rupiah sedangkan Honda PCX 39,8 juta Rupiah. Sebuah gap yang nilainya bisa dapat motor skutik entry level baru. Silahkan brosis sudah bisa menentukan pilihan di tahap ini, sesuaikan dengan kondisi ekonomi brosis.
Perbedaan kedua adalah di sisi piranti keselamatan bernama rem. NMax sudah mengadopsi teknologi rem terkini khas motor-motor Eropa yakni Antilock Brake System (ABS) tidak hanya depan tapi juga belakang. Sedangkan PCX masih pakai rem combi system. Masih lebih baik dari rem konvensional tapi di bawah ABS. Yang suka dengan perangkat safety, pilihan sudah bisa ditentukan dari sini.
Perbedaan selanjutnya adalah soal teknis performa mesin di atas kertas yang dihasilkan. Mengusung kubikasi sedikit lebih besar, NMax punya cc sebesar 155 berbanding 152,9 cc milik PCX. NMax punya output power lebih besar yakni 14,8 dk pada 8.000 rpm dan torsi 14,4 Nm di 6.000 rpm dibandingkan dengan PCX yakni 13,2 dk pada 8.500 rpm dengan torsi 13,7 Nm pada 5.500 rpm. Walaupun sebenarnya motor jenis skutik lebih mengedepankan sisi fungsionalitas, rasa-rasanya para speed freak sruntulan alayer masih memasukkan sisi ini dalam menentukan pilihan sebuah tunggangan harian. Is that you? I am not!
Fitur menjadi pembanding selanjutnya. Sepertinya sudah menjadi khas skutik Honda, fitur adalah kekuatan utama. PCX unggul di sisi ini dibanding NMax. Lampu hazard, answer back system, pembuka jok menyatu dengan desain kunci kontak sampai shutter key atau kunci anti maling menjadi keunggulan PCX. NMax? Belum ada! Brosis yang sangat mendewakan sisi fitur maka pilihan mutlak sudah ada di sini.
Kaki-kaki juga bisa diperbandingkan terutama ukuran velg dan ukuran ban. Yamaha memilih menggunakan velg ring 13″ untuk NMax, sebuah ukuran tidak umum di sini namun sangat familier di Eropa. Sedangkan PCX dibekali velg ring 14″ oleh Honda layaknya skutik-skutik yang saat ini beredar di pasaran. Namun, walaupun velg NMax hanya 13″ tapi motor masih terlihat gagah sebab ban yang digunakan sangat gambot. Ban depan 110/70-13 dan belakang 130/70-13 artinya jauh lebih gambot dari PCX yang punya profil ban 90/90-14 depan dan 100/90-14 belakang. Pilih yang biasa atau baru?
Yang terakhir, perbandingan soal dimensi. Kalau ini sangat penting bagi RA dalam memilih motor harian. Maklum, big size begini orangnya. Sempat nanya ke blogger charming asal Jakarta yang pernah punya PCX soal kepantasan RA naik PCX dengan dimensi tubuh RA yang segini, beliau bilang “PCX kekecilan lek buat sampeyan“. Hadeuuuh… padahal PCX sudah masuk skutik gambot lho. Kita intip spesifikasi dimensi PCX. PxLxT adalah 1917 x 738 x 1094 mm dan ayo kita bandingkan dengan NMax yang punya dimensi 1955 x 740 x 1115. Perbedaannya tidak terlalu signifikan tapi lumayanlah lebih besar dari PCX. Sepertinya andaikan NMax bisa pakai velg 14″ makin joss nih. You know what I choose right now? Yeaahh… englishnya belepotan bro xixixixi…
Nah, itu tadi ada sekitar 6 perbedaan antara Yamaha NMax 155 dengan Honda PCX 150. Kalau sudah mengerti 6 perbedaan di atas, mungkin brosis sudah bisa menentukan pilihan. Tapi kalau masih ragu juga, ada baiknya brosis lihat langsung dulu unitnya atau kalau ada kesempatan sempatkan test ride keduanya, rasakan bagaimana hati ber-kriekk tanda memberi kode sreg akan satu pilihan. Tapi kalau masih galau juga, kenapa tidak menunggu XMax 250 yang menurut RA desainnya lebih ciamik dari NMax tapi konsekuensi harga jelas lebih mahal dan belum pasti juga kapan keluarnya.
image
Honda PCX 150 Unggul Di Fitur

Mana yang Lebih Lengkap dan Canggih, Honda PCX atau Yamaha NMAX?

Jumat, 27 Maret 2015 | 15:45 WIB
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
68
Shares
Kompas.com-Dino Oktaviano Yamaha NMAX (kiri) dan Honda All-New PCX beradu fitur untuk menarik minat konsumen.

Berita Terkait

Jakarta, KompasOtomotif — Ketenangan Honda All-New PCX sontak terusik saat Yamaha melahirkan NMAX. Keduanya bertarung di segmen yang sama, skuter premium "berpantat lebar". Tentu masing-masing punya ciri khas dan keunggulan.

KompasOtomotif akan mulai mengupas detail perbandingan keduanya, terutama di sisi fitur dan performa, bahkan dari sisi konsumsi bahan bakar. Paling menarik di segmen ini adalah fitur. Jika melihat banderol NMAX Rp 27,4 juta dan Honda PCX Rp 39,8 juta, sudah selayaknya konsumen mendapat bonus berupa fitur menarik.

Tak hanya fitur canggih, kelengkapan dan utilitas juga menjadi kunci keduanya merebut hati konsumen, yang mayoritas adalah pria mapan. Berikut detail pembahasannya:

1. Mengusung bodi yang "bongsor", sudah seharusnya PCX dan NMX menyediakan bagasi lebih besar. Dari data teknis keduanya, PCX menyediakan ruang penyimpanan 25 liter. Helm full-face bisa masuk dan masih ada sisa. Sementara itu, NMAX menyediakan ruang 23 liter. Uniknya, helm besar saat diletakkan harus dibalik karena kontur bagian bawah terdapat bagian yang menggelembung. Sama seperti PCX, masih ada sisa ruang untuk meletakkan jaket Hujan atau barang lainnya.
KompasOtomotif-donny apriliananda Sebagian detail Yamaha NMAX.
2. Buka tutup jok PCX dan NMAX ada di lubang kunci kontak meski pengoperasiannya sedikit berbeda. Dua-duanya mempunyai bukaan jok yang bisa tertahan meski tak terangkat penuh.

3. Membuka tangki bensin yang ada di bagian konsol tengah, PCX menggunakan tombol di kunci kontak, sementara NMAX harus membuka pakai kunci.

4. PCX dilengkapi power outlet di bawah setang, maksimal 12W dengan output 12 V-1A. Di sekitarnya, ada boks untuk meletakkan gadget. Sementara itu, NMAX tidak dilengkapi dengan fitur ini.
KompasOtomotif-Febri Ardani Saragih Honda PCX 150 dilengkapi berbagai fitur unggulan.
5. PCX punya Answer Back System, sistem yang akan menyalakan lampu sein dan mengeluarkan bunyi saat remote dipencet saat pemilik mencarinya di parkiran. Lampu hazard juga ada pada andalan Honda ini.

6. Idling stop dan ACG starter masih menjadi andalan Honda untuk PCX 150 terbaru.

7. Yamaha NMAX dilengkapi dengan ABS untuk membantu pengereman yang aman, sementara Honda mengandalkan Triple Pot Hydraulic Combined Brake.

Membandingkan fitur dan kelengkapan dengan harga keduanya, mana yang paling value for money? Konsumen yang akan menjawabnya karena kebutuhan masing-masing berbeda.


No comments: